MAKALAH
“ALFAMART
vs INDOMARET”
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Seolah dalam sebuah pertandingan, Indomaret dan
Alfamart saling menunjukan taringnya untuk merebut hati konsumen. Keberadaan
kedua mini market ini yang kerap berdekatan mengindikasi bahwa persaingan antar
keduanya memang cukup ketat. Alfamart maupun Indomaret tidak mau sama-sama
kalah. Dua mini market tersebut tidak keberatan saling bersaing dalam wilayah
yang sama untuk menunjukan eksistensi
masing-masing. Indomaret maupun Alfamart membidik pasar yang lebih luas tentu
menjadi strategi marketing yang diluncurkan oleh keduanya, walaupun pasar yang
harus mereka jangkau adalah pasar yang sama di wilayah yang sama.
Bisnis retail memang menjanjikan pasar yang tidak
ada habisnya. Kebutuhan masyarakat akan makanan, minuman, produk kebersihan dan
sebagainya memang tidak akan pernah mengalami penyusutan. Bahkan dari waktu ke
waktu kebutuhan tersebut semakin meningkat seiring dengan berubahnya gaya hidup
dan juga naiknya pendapatan masyarakat. Hal itulah yang menjadikan Indomaret
dan Alfamart tidak tkut bersaing di tempat yang sama, dikarenakan keduanya
sama-sama tahu bahwa pasar yang mereka bidik adalah pasar yang sangat besar.
Kehabisan konsumen tidak akan pernah menjadi kendala yang mereka tidakuti
karena memang hal tersebut tidak akan terjadi. Indomaret sebagai market leader
(pemimpin pangsa pasar) dari bisnis mini market ini telah memiliki lebih dari
3000 gerai, disusul oleh Alfamart sebagai kompetitor utama. Walaupun telah
menjadi ikon dari keberadaan mini market di Indonesia, keduanya tidak henti melebarkan sayap kejayaannya. Baik Indomaret
maupun Alfamart memiliki target
penambahan gerai yang tidak tanggung-tanggung. Keduanya seakan melakukan
marathon dalam pembukaan gerai, tidak peduli walaupun gerai baru harus dibuka berdekatan
dengan sang pesaing.
Sekilas Alfamart dan Indomaret terlihat tidak jauh
berbeda, apalagi di mata para konsumen. Keduanya seakan saudara yang memiliki
banyak kesamaan. Namun ternyata keduanya mengakui bahwa mereka memiliki
keunggulan masing-masing. Konsep bisnis yang dibawa berbeda, nilai tambah yang
ditawarkan pun berbeda. Ada yang mengusung keunggulan dari segi harga yang
lebih murah, kapasitas toko yang lebih luas, pelayanan yang lebih ramah, maupun
suasana yang lebih nyaman. Oleh karena itu, penulis akan menganalisis mengenai
inovasi, strategi eksternal dan internal Alfamart dan Indomaret dalam makalah
yang berjudul “Alfamart vs Indomaret”.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa
Visi, Misi, Budaya dan Tag Line Alfamart dan Indomaret?
2. Apa
keuntungan menjadi member Alfamart dan Indomaret?
3. Apa
sajakah kegiatan inovasi Alfamart dan Indomaret?
4. Bagaimana
analisis Five Forces Alfamart dan Indomaret?
5. Bagaimana
analisis SWOT Alfamart dan Indomaret?
6. Mengapa
Alfamart dan Indomaret selalu berdekatan?
C. TUJUAN
1. Mengetahui
Visi, Misi, Budaya dan Tag Line Alfamart dan Indomaret.
2. Mengetahui
keuntungan menjadi member Alfamart dan Indomaret.
3. Mengetahui
kegiatan inovasi Alfamart dan Indomaret.
4. Mengetahui
analisis Five Forces Alfamart dan Indomaret.
5. Mengetahui
analisis SWOT Alfamart dan Indomaret.
6. Mengetahui
alasan Alfamart dan Indomaret selalu berdekatan.
BAB II
TEORI
ANALISIS FIVE FORCES
Analisis
lima kekuatan Porter adalah suatu kerangka kerja untuk analisis industri dan
pengembangan strategi bisnis yang dikembangkan oleh Michael Porter. Porter’s Five
Forces meliputi :
1. Rivalry (Persaingan), model
pendekatan ini membantu dalam mengetahui seberapa kuat kompetisi yang sedang
terjadi diantara pesaing yang sudah ada. Para kompetitor saling memperebutkan
market share. Dalam sistem ekonomi tradisional para kompetitor bersaing dalam
segi harga, namun seiring berkembangnya teknologi yang sangat cepat memunculkan
inovasi-inovasi baru yang menyebabkan persaingan pada saat ini lebih
berkembang, yaitu persaingan dalam keunggulan kompetitif (Competitive
Advantage).
2.
Barriers
to Entry (Hambatan Masuk), persaingan tidak hanya terfokus
kepada pesaing-pesaing lama saja, namun pesaing baru pun mampu menjadi
kompetitor yang patut untuk di wapasdai. Ancaman bagi pendatang baru perlu
diperhatikan karena biasanya datang kedalam dunia industri dengan membawa ide,
inovasi dan strategi yang baru. Sulit halnya bagi industri kreatif yang harus
selalu membawakan inovasi-inovasi baru yang terdepan bagi produknya agar tidak
terlempar dari dunia industri. Namun, pasti setiap perusahaan juga telah
memiliki strategi bertahan dan menciptakan hambatan untuk mencegah pesaing baru
memasuki pasar demi melindungi tingkat keuntungan perusahaan.
3.
Buyer
Power (Kekuatan Pembeli), kekuatan pembeli memiliki peran dalam menekan harga
produsen. Apalagi bila keadaan suatu pasar dipenuhi oleh banyak supplier tetapi
pembelinya hanya satu, maka pembeli dapat menentukan harga. Terutama bila
pembeli membeli barang dalam jumlah besar, jika seandainya pembeli menyetop
pembelian maka perusahaan akan terancam kehilangan pemasukannya. Selain itu
kekuatan pembeli juga memberikan pengaruh terhadap peningkatan penawaran serta
peningkatan pelayanan dan kualitas diantara para perusahaan yang bersaing
memperebutkan pelanggan.
4.
Supplier
Power (Kekuatan Supplier), hubungan antara supplier dengan
konsumen terjadi ketika supplier menggunakan kekuatan tawar-menawar terhadap
pembeli dengan menaikkan harga atau menurunkan kualitas produk/ jasa yang akan
dibeli. Kekuatan supplier dapat dikatakan tinggi bila memerlukan switching cost
yang besar dalam melakukan penggantian supplier.
5.
Threat
of Subtitutes Product (Ancaman Dari Produk/Jasa Pengganti),
adanya produk pengganti akan memotong jumlah keuntungan yang didapat
perusahaan. Terutama bila munculnya barang pengganti menyebabkan terjadinya perubahan
harga di pasaran yang mempengaruhi tingkat permintaan konsumen ke perusahaan.
Semakin banyaknya barang pengganti, maka elastisitas harga akan menjadi semakin
tinggi. Hal ini juga dapat menjadi batasan bagi perusahaan untuk menaikkan
harga barang produksinya.
ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk
mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang
(opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu spekulasi
bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi
bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang
mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat
diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi
keempat faktornya, bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil
keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada,
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan
(advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya
bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats)
yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses)
yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata.
Seperti yang
kita tau, analisis SWOT (Strength Weaknesses Opportunities Threats) terbagi
menjadi 4 bagian yakni:
1.
Strenght (S), yakni situasi ataupun kondisi yang
merupakan gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat
ini. Yang harus di lakukan dalam mengunakan analisis ini adalah setiap
perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan yang dimiliki.
2.
Weaknesses (W), yakni situasi ataupun kondisi
yang merupakan gambaran kelemahan dari perusahaan pada saat ini. Weaknesses
merupakan cara untuk menganalisis kelemahan yang ada dalam sebuah perusahaan
ataupun organisasi. Yang mana kelemahan tersebut dapat menjadi kendala yang
serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
3.
Opportunity (O), yakni situasi atau kondisi yang
merupakan gambaran peluang yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau
perusahaan dan gambaran tersebut dapat memberikan peluang berkembangnya suatu
organisasi atau perusahaan dimasa depan. Opportunity merupakan ananlisis yang
digunakan untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu
perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang.
4.
Threats (T), yakni situasi atau kondisi yang merupakan
gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau oraganisasi dalam menjalankan suatu
usaha. Theart merupakan cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus
dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi dalam menghadapi berbagai
macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Yang mana ancaman tersebut
dapat menyebabkan kemunduran suatu perusahaan.
BAB
III
ALFAMART
dan INDOMARET
A. ALFAMART
VISI
“Menjadi
jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas,
berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan
harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global”
MISI
1. Memberikan
kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan
yang berkualitas unggul.
2. Selalu
menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan
tingkah laku / etika bisnis yang tertinggi.
3. Ikut
berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa
wiraswasta dan kemitraan usaha.
4. Membangun
organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat
bagi pelanggan , pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.
BUDAYA
1. Integritas
yang tinggi.
2. Inovasi
untuk kemajuan yang lebih baik.
3. Kualitas
& Produktivitas yang tertinggi.
4. Kerjasama
Team.
5. Kepuasan
pelanggan melalui standar pelayanan yang tertinggi
TAG LINE
Belanja
Pas, Harga Pas
MEMBER ALFAMART
Member
Alfamart dalah sebutan untuk para pelanggan setia Alfamart. Para member
Alfamart akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dan kejutan special dari
Alfamart seperti: HematKu, Kalender Belanja, Specialku dan Hadiahku, serta
program ekslusif lainnya. Member Alfamart adalah pelanggan yang memiliki dan
bergabung dalam keanggotaan Kartu AKU, A Card Flazz atau Kartu AKU BNI.
1. Kartu
AKU
Adalah
kartu member yang pertama kali diluncurkan Alfamart pada tahun 2005. Dengan
Kartu AKU, member akan dapat memperoleh manfaat dan berbagai macam keuntungan
serta promo-promo menarik yang tidak dapat diikuti oleh pelanggan lain yang bukan
merupakan member Kartu AKU.
2. Kartu
AKU BNI
Merupakan
salah satu Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 1 Januari 2010,
merupakan kerjasama antara Alfamart dengan Bank BNI. Kartu AKU BNI merupakan
kartu multifungsional, yang selain berfungsi sebagai kartu member, juga
berfungsi sebagai alat pembayaran. Pengguna Kartu AKU BNI juga akan mendapatkan
berbagai keuntungan dan kejutan spesial dari Alfamart serta tentunya dapat
mengikuti program-program eksklusif khusus member di Alfamart.
3. A
Card Flazz
Adalah
Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 15 Mei 2010 bekerja sama dengan
Flazz BCA, yang selain berfungsi sebagai kartu member juga dapat digunakan
sebagai alat pembayaran/transaksi karena A Card Flazz merupakan Kartu Prepaid
(kartu non rekening yang dapat menyimpan uang untuk keperluan berbagai
transaksi).
KEUNTUNGAN MENJADI MEMBER ALFAMART
1. HematKu
dan Kalender Belanja
Program
ini adalah program khusus Member Alfamart, dimana member akan mendapatkan
potongan harga khusus member untuk produk-produk tertentu sesuai dengan periode
promosi. Dengan menunjukkan Kartu Member
di kasir saat melakukan pembayaran, maka
otomatis Member akan mendapatkan potongan harga untuk produk-produk tersebut.
Untuk info produk HematKu dan Kalender Belanja terdapat di leaflet Alfamart
yang terbit setiap dua minggu sekali atau poster yang ada di Alfamart terdekat.
2. SpesialKu
dan HadiahKu
Sesuai
dengan namanya, Specialku merupakan produk-produk special yang di hadirkan
hanya untuk Member Alfamart. Sedangkan HadiahKu adalah program hadiah langsung
atau undian yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart.
3. Special
Big Program For “Member Alfamart”
Program
ini adalah program promo khusus member dengan periode yang relatif lebih
panjang, minimal 1 bulan,program ini khusus untuk member, mekanisme program
bisa berupa Fair (misalnya P&G fair, Kalbe Nutritional fair,dll) ataupun
Program tahunan khusus member yang tentunya sudah sangat dikenal “Bukti Kasih
Untuk Anda” yang dikenal dengan BKUA.
4. Redemption
For “Member Alfamart”
Program
ini merupakan program tahunan untuk Member Alfamart. Dimana Member akan
mendapatkan poin setiap berbelanja min. Rp.50.000 pada periode yang sedang
berlangsung. Member dapat menukarkan poin-poin tersebut dengan hadiah ekslusif
dan menarik pada periode yang telah ditentukan.
5. “Member
Alfamart” Thematic Promo
Promo
ini adalah kejutan khusus untuk memperingati hari-hari tertentu (misalnya: Hari
Valentine, Hari Pelanggan Nasional, Hari Batik Nasional, dll). Promo ini hanya
dapat diikuti oleh Member Alfamart dengan menunjukkan Kartu Member (Kartu AKU,
A Card atau Kartu AKU BNI).
6. Special
Treatment for “Member Alfamart” Birthday
Program
ini khusus untuk Member Alfamart yang berulang tahun. Member terpilih akan
mendapatkan kejutan dari Alfamart di hari ulang tahunnya, dengan harapan
program ini menjadi best moment yang tidak terlupakan untuk Member Alfamart.
7. Special
Event/Activities For “Member Alfamart”
Beauty
Class, Arisan Gratis, Cooking Class, Buka Puasa Bersama, Factory Visit adalah
beberapa event khusus yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart. Para
Member diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan menarik di
setiap event tersebut yang tentunya akan menjadi pengalaman berharga bagi
Member Alfamart.
8. Merchant
For “Member Alfamart”
Member
Alfamart akan mendapatkan potongan harga, penawaran dan promo menarik di
merchant-merchant yang bekerjasama dengan Kartu Member Alfamart di Indonesia.
9. Listrik
dan tagihan motor fif dan finance f
Sytem
tehnologi informasi pada computer alfa telah meyediakan pembayaran listrik
secara online begitu juga dengan pembayaran motor yang datangnya jatuh tempo. Tentu
saja sangat mempermudah dan mempercepat pembayaran bagi konsumen yang tidak
ingin membayar tagihan secara jauh –jauh dari lingkunganya.
10. Voucher
game online
Bagi
yang suka game online ini merupakan surat kabar yang mengembirakan bahwa kini
alfamart telah meyediakan voucher game online yang dapat dimainkan oleh para
pesuka game online.
KEGIATAN INOVASI ALFAMART
1. Demi
lebih mendekatkan diri ke konsumen, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT)
pengelola jaringan Alfamart dan Alfamidi, meluncurkan tabloid gratis
“TabloidKU” di sekitar 12.000 toko yang berada di 242 Kota/Kabupaten dan 22
Provinsi. Peluncuran tabloid ini meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI)
untuk kategori Tabloid nasional gratis dengan oplah terbanyak sebanyak 600.000
eksemplar. Salah satu tujuan utama diterbitkannya TabloidKu adalah membangun
emotional bonding antara brand dan konsumen. Dengan kehadiran TabloidKu,
diharapkan supplier bisa mengkomunikasikan product knowledge-nya sehingga
konsumen bisa tahu kelebihan-kelebihannya. Segmentasi pembaca TabloidKu adalah
keluarga dan anak-anak, Ia berharap, kehadiran TabloidKu bisa menjadi sarana
komunikasi yang efektif bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Inovasi
yang dilakukan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (PT SAT), pemilik jaringan
minimarket Alfamart, Alfamidi, serta DAN+DAN ini merupakan wujud implementasi
salah satu visi perusahaan yakni memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.
Kehadiran TabloidKu diharapkan mampu menumbuhkan bisnis industri ritel, media
dan para produsen untuk saling memajukan atau grow together.
2. PT
Sumber Alfaria Trijaya Tbk pengelola Alfamart siap melakukan bedah warung
(ritel tradisional) di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Branch
Manager Alfamart Manado mengatakan, sebagai wujud nyata Alfamart ingin tumbuh
bersama usaha kecil di Sulut, kami akan melakukan bedah warung yang sudah menjalin
kerja sama dengan Alfamart. Selain memberikan pelatihan manajemen ritel
terhadap pedagang ritel tradisional, juga akan membantu renovasi warung melalui
program outlet binaan Alfamart (OBA). Program ini, merupakan dana CSR Alfamart
yang diberikan secara hibah kepada warung-warung yang sudah loyal dengan kami
minimal satu tahun. Melalui OBA Alfamart akan menyulap toko kelontong menjadi
semacam minimarket, baik dari sisi tampilan maupun penataan barang. Hal ini
dilakukan, agar pembeli menjadi lebih nyaman ketika berbelanja di
warung-warung.
3. Hadirnya
gerai Alfamart di atas kapal menunjukkan kepercayaan swasta atas pembenahan
layanan yang tengah dilakukan perusahaan pelayaran di Indonesia ini. Saat ini,
Alfamart telah hadir di KM Sinabung yang melayari rute Tanjung Priok- Surabaya,
Makassar, Bau-Bau, dan Ambon. Untuk Alfamart sendiri, rencananya akan menambah
jumlah gerainya di kapal-kapal Pelni yang lain.
4. Untuk
pertama kalinya, Alfamart berhasil meraih penghargaan pada ajang Indonesia`s
Most Admired Companies 2009 (IMAC). IMAC sendiri adalah ajang penghargaan yang
diselenggarakan atas kerja sama Business Week Indonesia dengan Frontier
Consulting Group. Berkat pelayanan yang prima, program-program yang inovatif,
serta didukung sumber daya manusia yang berkualitas, Alfamart berhasil
mengantongi predikat sebagai The Company with The Best Corporate Image. Selain
itu, Alfamart juga dianggap sebagai perusahaan yang berpeluang tumbuh dengan
manajemen yang baik, serta mempunyai tanggung jawab sosial yang tinggi melalui
program-programnya. Dalam penghargaan IMAC 2009 ini, Alfamart masuk dalam
kategori baru, yaitu katagori minimarket. Para responden menilai Alfamart
sangat ekspansif dalam mengembangkan cabang-cabangnya. Selain prestasi ini,
Alfamart juga telah meraih sederet penghargaan bergengsi lainnya, seperti
Marketing Award 2008, Superbrands Indonesia 2008 dan 2009, Top Brand Award 2008
dan 2009, Best Brand 2008 dan 2009, serta Recommended Brand 2009. Sukses
Alfamart adalah pada program-programnya yang inovatif, seperti digelarnya
program promosi Hadiah Merdeka yang bertema "Pilih Hadiah yang Kamu
Suka". Selain itu juga dengan menawarkan nilai tambah yang semakin besar
bagi konsumen yang berbelanja dengan nominal rupiah yang semakin banyak.
5. Wakil
Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) meresmikan Business Centre
Alfamart atau Alfamart Class di SMK Kristen 2 Tomohon. Hal ini selaras dengan
visi misi pemerintah Kota Tomohon yakni mewujudkan masyarakat yang religius,
demokratis dan madani maka pemerintah kota tomohon senantiasa terus berupaya
untuk meningkatkan pembangunan di berbagai sektor. Satu di antaranya yakni
meningkatkan kualitas pendidikan dan bersinergi dengan pihak swasta ataupun
stakeholder dalam upaya bersama menciptakan lapangan pekerjaan yang luas bagi
masyarakat kota tomohon. Ke depan masyarakat kota tomhon memiliki daya saing
yang tinggi dan mumpuni dalam menghadapi tantangan global masyarakat ekonomi
ASEAN. SAS mengungkapkan, pemerintah menyambut baik program Alfamart Class ini
dengan harapan tentunya akan mampu mencetak lulusan-lulusan SMK yang memiliki
ketrampilan yang berkualitas dan berdaya saing yang tinggi.
B. INDOMARET
VISI
“Terwujudnya
Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat Untuk Mencapai Indonesia Sejahtera,
Maju, dan Mandiri 2020”
MISI
"Mewujudkan
Koordinasi Perencanaan dan Penyusunan Kebijakan, serta Sinkronisasi Pelaksanaan
Kebijakan, Pengendalian Penyelenggaraan dan Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan di
Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Penanggulangan Kemiskinan"
BUDAYA
Budaya
yang diterapkan dalam tubuh perusahaan Indomaret adalah dalam bekerja kami
menjunjung tinggi nilai-nilai:
a. Kejujuran,
kebenaran dan keadilan
b. Kerja
sama tim
c. Kemajuan
melalui inovasi yang ekonomis
d. Kepuasan
pelanggan
TAG LINE
Mudah
dan Hemat
MEMBER INDOMARET
Member
Indomaret dalah sebutan untuk para pelanggan setia Indomaret. Para member Indomaret
akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dengan adanya Indomaret Card. Indomaret
Card adalah salah satu bagian atau aset
dari Bank Mandiri sejenis uang elektronik (E-money), tentunya denga logo
"mandiri" yang tertera di kartu indomaret ini. Indomaret card sama
halnya seperti Flazz, Brizz
ataupun uang elektronik lainnya. Indomaret
card selain berbelanja di indomaret juga bisa berbelanja di AlfaMart juga looh,
tentunya yang memiliki fasilitas "mandiri prabayar" dan juga untuk membayar
Toll, smart parking, Busway, kereta api dll yang berlogo "e-money".
KEUNTUNGAN MENJADI MEMBER INDOMARET
Dengan
menjadi member Indomaret dan memiliki Indomaret card, kkonsumen akan mendapat
beberapa keuntungan, yaitu:
1. Tidak
ribet membawa uang banyak ketika belanja.
2. Mendapat
diskon khusus pengguna indomaret card.
3. Kesempatan
meraih hadiah dari program poin indomaret card, karena setiap belanja
menggunakan indomaret card akan mendapatkan poin reward.
4. Bagi
nasabah bank mandiri otomatis mendaptkan fiestapoin setiap isi ulang di ATM
bank mandiri.
KEGIATAN INOVASI INDOMARET
1. Sebagai
pelopor minimarket di Indonesia, Indomaret tentu punya strategi sendiri dalam menghadapi
peritel asing. Kalau Indomaret selama ini fokus pada KEBUTUHAN HIDUP
masyarakat, strategi kali ini harus menyasar GAYA HIDUP. Dengan struktur
umbrella brand, Indomaret meluncurkan konsep Indomaret Point. Indomaret Point
memiliki identitas logo yang hampir serupa dengan Indomaret namun dengan
penekanan nama “Point”. Indomaret Point punya ciri khas yang berbeda dengan
konsep minimarket Indomaret karena
menyediakan sitting area dan berbagai makanan / minuman cepat saji. Dari produk
makanan dan minuman siap saji di Indomaret Point, semua menunya punya cita rasa
yang sudah disesuaikan dengan kegemaran lidah lokal. Komposisi produk yang
dijual juga tidak didominasi oleh merek
– merek asing. Yang paling penting buat kacamata konsumen, Indomaret Point juga
selalu punya berbagai promosi menarik untuk konsumennya. Indomaret Point
memberikan extra services bagi pelanggannya dengan free wifi serta tempat
charge handphone di sitting area. Salah satu aktivitas promosi yang menarik di
Indomaret Point adalah lokasi Indomaret Point
seringkali dipakai untuk promosi launching album bagi para musisi yang
bekerja dengan Indomaret dalam penjualan CD mereka.
2. PT
Indomarco Prismatama, pemilik merek minimarket Indomaret, melirik peluang
bisnis baru, yaitu pengelolaan jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) milik
sendiri alias private label. Direktur Pemasaran Indomaret menjelaskan, rencana
pengadaan ATM private label itu untuk mengakomodir kepentingan pelanggannya
yang memiliki kartu ATM dari perbankan yang berbeda-beda.
3. Indomaret
sukses mengembangkan layanan berupa penjualan tiket konser, seperti tiket
konser musik Javajazz juga konser Kenny G. Selain itu, Indomaret juga berencana
menjual produk jasa, selain tetap melayani penjualan produk ritel fisik.
Indomaret juga menjalin kerjasama dengan produser rekaman untuk menjual compact
disk (CD) Kla Project, secara eksklusif di Indomaret. Tak cukup sampai disitu,
Indomaret sedang mencoba mengembangkan program pesan antar lewat telepon
seluler Blue Berry dan iPad. Indomaret mengembangkan program penjualan produk
tanpa stok di toko. Walaupun stok tidak tersedia di toko tapi konsumen bisa
memesannya.
4. Indomaret
Plus dihadirkan sebagai bentuk inovasi Indomaret sebagai minimarket jaringan
nasional dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat didunia retail. Indomaret
Plus merupakan salah satu bentuk inovasi yang telah diluncurkan. Indomaret Plus
memiliki kelebihan dibandingkan minimarket Indomaret lainnya. Selain menjual
produk-produk kebutuhan yang biasa dijual di Indomaret regular, Indomaret Plus
juga dilengkapi dengan kebutuhan rumah tangga seperti sayur-sayuran,
buah-buahan segar,nugget dan daging dengan harga yang kompetitif. Sesuai
kebutuhannya Indomaret Plus ini menargetkan ibu rumah tangga dan anak kost.
Konsep Indomaret Plus ini lebih ditujukan untuk memudahkan memenuhi kebutuhan
rumah tangga, dan anak kost yang ingin masak tapi ingin simple packing untuk
sekali makan, bisa datang ke Indomaret.
5. Indomaret
mengembangkan gerai Indomaret Fresh. Indomaret Fresh lebih luas dari Indomaret
reguler. Gerai yang ditempatkan di kawasan-kawasan elite ini menjual
produk-produk fresh seperti sayur, daging, dan buah.
BAB IV
ANALISIS
PORTER’S FIVE FORCES ALFAMART
1. Rivalry
(Persaingan)
Alfamart boleh dikatakan mampu dalam mengalahkan
pesaing-pesaing lamanya yang telah lebih dahulu memasuki dunia bisnis ini
(seperti Indomaret). Selain itu, pesaing utama Alfamart adalah minimarket
Indomaret, karena secara kasat mata persaingan antara kedua minimarket ini
terlihat dari letak toko yang sering bersebelahan atau berdekatan jaraknya. Alfamart
berusaha menjual produknya dengan harga yang lebih murah dan dengan kualitas
yang sama baiknya atau bahkan lebih, karena jenis produk yang dipasarkan sama.
Inovasi yang diciptakan oleh Alfamart adalah dengan membuat program member bagi
pelanggan setianya. Dengan program member ini pelanggan akan diberikan kartu
anggota/member card yang akan digunakan pada saat pelanggan akan melakukan
pembayaran. Pelanggan hanya perlu memberikan kartu membernya kepada kasir, lalu
kasir akan mencatat ID kartu member dan secara otomatis pelanggan tersebut akan
mendapatkan potongan/ diskon dalam pembayarannya tersebut. Setiap penggunaan
kartu member pelanggan juga mendapatkan poin-poin yang akan tercatat dalam
kartu member. Poin-poin tersebut berguna untuk mendapatkan berbagai
undian-undian berhadiah.
2. Barriers
To Entry (Hambatan masuk)
Hambatan masuk yang berusaha diciptakan oleh
Alfamart adalah dengan memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggannya,
tempat yang nyaman dan bersih untuk berbelanja, dan harga barang yang murah.
Namun selain itu, Alfamart juga berusaha untuk membuka cabang di banyak tempat
agar mudah ditemukan oleh pembeli.
3. Buyer
Power (Kekuatan Pembeli)
Kekuatan pembeli besar terjadi pada kasus ini,
karena jumlah pelanggannya yang besar. Oleh sebab itu Alfamart tidak dapat
memonopoli harga jual produknya. Karena Alfamart dapat kehilangan pelanggannya
jika pelanggannya berpindah kelain hati hanya karena perubahan harga yang tidak
sesuai/ pas dengan kemampuan pelanggannya. Apalagi target utama pasarnya
ditujukkan untuk rumah tangga ekonomi rendah sampai ke ekonomi menengah.
4. Supplier
Power (Kekuatan Pemasok)
Kekuatan supplier disini tidak terlalu besar dikarenakan
jenis barang yang dijual adalah barang kebuthan sehari-hari. Barang-barang ini
memang telah memiliki harga pasaran yang tidak mahal, serta jumlah suppliernya
banyak. Tidak membutuhkan biaya yang bisar jika perusahaan ingin berpindah ke
supplier yang lainnya.
5. Threat
of Subtitutes Product (Ancaman Dari Produk/Jasa Pengganti)
Akhir-akhir ini banyak bermunculan pesaing-pesaing
baru dalam ranah bisnis minimarket. Para pendatang tersebut memasuki industri
ini dengan membawa inovasi baru, yaitu minimarket yang beroperasi selama 24 jam
dan memberikan fasilitas-fasilitas tambahan yang membuat pelanggan lebih
nyaman. Dengan konsep minimarket yang sekaligus menjadi tempat untuk
“nongkrong” sedang digandrungi pada saat ini.
PORTER’S FIVE FORCES INDOMARET
1. Persaingan
antar perusahaan sejenis
Indomaret sampai saat ini masi terus – menerus
membangun tokonya dengan tujuan mereka membangun toko mereka dimana – mana
adalah menghalangi pesaing untuk masuk dan bertahan. Jika pesaing mereka
membangun di tempat A maka Indomaret juga akan membangun di tempat A. Mereka
sangat berani untuk menyewa atau membeli tempat yang tergolong kecil hanya
untuk menanamkan ke pikiran konsumen kalau indomaret lah satu – satunya toko
untuk membeli kebutuhan pangan mereka dan toko lain hanya sebagai alternatif.
2. Ancaman
pendatang baru
Beberapa tahun ini perusahaan ritel seperti
Indomaret sudah beberapa yang masuk ke Indonesia dan langsung menjadi ancaman
yang serius bagi Indomaret. Para pendatang baru ini menggunakan konsep
semi-cafe dimana para konsumen bisa bersantai terlebih dahulu sesudah membeli
barang dan mesin pembuat coffe sebagai pilihan untuk menemani mereka bersantai.
3. Ancaman
produk substitusi
Ancaman produk subtitusi Indomart yang paling
berbahaya adalah carefour, Indomart hanya menjual produk kebutuhan sembako,
bahan rumah tangga yang paling penting saja sedangkan carefour menjual hampir
semua kebutuhan sembako, sehari – hari dan rumah tangga sampe ke detilnya,
tetapi kelemahan mereka adalah carefour tidak dimana – mana.
4. Kekuatan
tawar-menawar pembeli
Indomaret sudah menguasai kekuatan tawar-menawar
pembeli karena harga produk atau jasa seperti pulsa handphone sudah sangat
berada dalam garis standar pasar walaupun sedikit lebih mahal tapi mereka
menawarkan tempat yang sejuk dan aman untuk berbelanja, selain itu harga nett
yang menjadi kekuatan mereka, customer hanya mempunyai pilihan beli atau tidak,
tawar-menawar barang sudah tidak ada seperti pasar tradisional.
5. Kekuatan
tawar-menawar pemasok
Karena Indomaret mempunyai pemasok yang banyak
dengan berbagai macam produk, Indomaret mempunyai keuntungan untuk
tawar-menawar apalagi dalam pembelian produk dalam skala yang besar.
Analisis SWOT ALFAMART
1. Strength
·
Sudah memiliki berbagai cabang di
seluruh Indonesia,sehingga mudah untuk dijangkau oleh konsumen.
·
Sejumlah gerai alfamart yang terletak di
wilayah komersial buka selama 24 jam.
·
Memberikan ketersediaan lapangan kerja
bagi siswa-siswa lulusan SMA atau SMK.
·
Harga produk-produknya yang relative
murah untuk dijangkau oleh konsumen.
·
Adanya kartu anggota pelanggan Alfamart
yang diluncurkan sejak tahun 2005 yaitu Kartu AKU. Dengan menggunakan Kartu AKU
pelanggan dapat menikmati bonus maupun diskon khusus.
·
Terdapat security asset (CCTV)
2. Weakness
·
Produk-produk yang dijual kurang lengkap
dan hanya tersedia kebutuhan-kebutuhan pokok.
·
Kurang mengikuti trend, tidak memiliki
tempat nongkrong seperti mini market dan convenience store lain (Indomart, 711,
Circle K, Lawson, dsb).
·
Ruang yang relative sempit dan kurang
nyaman.
·
Tidak tersedia toilet di sejumlah gerai
Alfamart.
3. Opportunities
·
Kebutuhan sehari-hari dan perilaku
masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif sehingga memungkinkan mereka
untuk menjunjungi gerai alfamart dalam kurun waktu berdekatan untuk membeli
kebutuhan sehari-hari.
·
Adanya situs resmi belanja online bagi
pelanggan alfamart untuk memudahkan mereka belanja kebutuhan secara online
tanpa perlu repot mengunjungigeraialfamart.
·
Banyaknya event-event social yang
diselenggarakan oleh alfamart sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan
social.
·
Alfamart menyediakan jasa untuk
pemesanan tiket kereta atau pesawat tanpa harus mengantri di stasiun / bandara.
4. Threat
·
Banyaknya pesaing-pesaing yang memiliki
toko atau mini market berdekatan (dengan jarak radius 100 m).
·
Ancaman Perda mengenai kemajuan UKM
Tradisional.
·
Karena banyaknya pesaing, akan sulit
untuk membangun brand image dibenak konsumen. Harus terus melakukan
pengembangan dan inovasi agar terus mengikuti trend.
Analisis
SWOT INDOMARET
1. Strength
·
Citra publik terhadap Indomaret
·
Lokasi terdapat di pinggir jalan tempat
strategis
·
Produk yang dijual variatif dan
cenderung lebih lengkap daripada pesaing
·
Investasi franchise indomaret yang
ditawarkan sangat kompetitif
·
Indomaret mampu menjual barang eceran
dengan harga lebih murah
·
Memiliki fasilitas pembayaran yang
dihubungkan dengan lembaga keuangan (Bank)
·
Seringkali terdapat potongan harga atau
diskon bila membeli dengan nominal tertentu atau membayar menggunnakan
Indomaret Card
·
Terdapat security asset (CCTV)
2. Weakness
·
Pelayanan yang seringkali kurang
memuaskan
·
Parkir yang kurang aman dan dipungut
biaya parkir
·
Indomaret kurang dikenal oleh masyarakat
desa
·
Franchise
fee
relatif tinggi
·
Penataan store display yang monoton
3. Opportunities
·
Ekspansi ke daerah-daerah potensial
·
Perlunya promosi untuk memperkenalkan
Indomaret secara lebih intens
·
Dengan adanya perdagangan bebas, peluang
franchise lebih besar
·
Peningkatan fasilitas tambahan
·
Pertumbuhan pasar waralaba cukup
menjanjikan
·
Perluasan jaringan
·
Minat masyarakat tinggi terhadap retail
·
Perubahan mindset masyarakat dari pemikiran tradisional menjadi modern
4. Threat
·
Terdapat outlet lain yang menjadi rival
·
Terdapat franchisor baru yang masuk ke
pasar yang sama dengan Indomaret
·
Selera pasar yang berfluktuasi dan mudah
berubah terhadap pembelian
·
Banyak daerah potensial yang belum bisa
dimasuki
·
Adanya tindakan peniruan terhadap
keunikan Indomaret
Berdasarkan diatas,
maka saran yang dapat disimpulkan kepada Alfamart dan Indomaret adalah :
1. Mempertahankan citra
dan kualitas produk
dengan melakukan pengontrolan secara periodik terhadap
produk yang dihasilkan. Agar dapat
bertahan di pasar
serta mampu menghadapi
pesaing, baik pesaing
yang sudah ada maupun pesaing baru masuk.
2. Meningkatkan
inovasi produk melalui
riset dan pengembangan
produk yang selama ini
menjadi kelemahan perusahaan
dengan didukung dengan teknologi mesin yang lebih canggih.
3. Secara berkala
berupaya untuk terus
meningkatkan kegiatan promosi melalui kegiatan
seperti kupon, program-program pelanggan
setia, hadiah, souvenir, dan
event-event khusus.
4. Dengan
strategi-strategi perusahaan masing-masing harus mampu
mengembangkan ritel ini
hingga ke pelosok-pelosok strategis, yang memiliki konsumen potensial.
5. Melakukan strategi
perbaikan harga, dengan
menawarkan produk-produk
dengan harga yang
bervariasi, atau mencari
pemasok yang dapat diandalkan yang mampu
menekan harga produksi,
sehingga harga produk yang ditawarkan tidak terasa mahal
dibandingkan dengan ritel pesaing.
Alasan mengapa ALFAMART dan
INDOMARET selalu berdekatan?
“Mengapa
ALFAMART dan INDOMARET selalu berdekatan?”, pertanyaan ini mungkin sering
muncul di benak konsumen. Hal ini di karena lokasi. Dalam menentukan lokasi,
perusahaan menerapkan konsep model pasar persaingan sempurna (PPS) dalam
prinsip ekonomi. Model PPS ini didefinisikan sebagai bentuk pasar paling ideal,
di mana salah satu ciri dalam satu pasar terdapat lebih dari satu pengusaha
dengan barang atau jasa yang ditawarkan bersifat homogen.
Selain
menerapkan prinsip PPS, lokasi yang berdekatan ini bagi pengusaha bisa
menghemat biaya riset maupun studi kelayakan ketika akan membuka toko di lokasi
baru. Apabila di suatu lokasi sudah berdiri Alfamart atau Indomaret bisa
dipastikan di lokasi tersebut memiliki potensi pasar yang bagus dan lolos uji
kelayakan bisnis. Artinya, jika sebuah perusahaan ingin menambah toko di lokasi
tersebut maka mereka tidak perlu melakukan riset serupa.Dalam menentukan
kelayakan suatu lokasi untuk minimarket tentu mempertimbangkan beberapa hal,
antara lain kepadatan penduduk / jumlah kepala keluarga (KK) di wilayah
tersebut, kepadatan lalu lintas yang dilalui di sekitar minimarket, target
segmen yang tepat dan lingkungan sosial yang mendukung.
Kedekatan
ini secara tidak langsung juga memberi kemudahan masyarakat dalam memilih atau
membandingkan harga, produk, kualitas serta jasa yang ditawarkan. Akhirnya,
bisnis minimarket bisa bersaing secara fair dalam memuaskan konsumen dan
memberikan harga yang wajar. Ada beberapa keuntungan dengan semakin banyaknya
minimarket hadir di sebuah daerah. Masyarakat bisa terbantu dalam pemenuhan
kebutuhan pokok sehari-hari. Tak hanya itu, tenaga kerja lokal juga akan banyak
diserap.
Lebih
dari itu, antara Alfamart dan Indomaret juga menyediakan kemudahan fasilitas
pembayaran seperti tagihan listrik, air, telepon, TV kabel, pajak, kredit
finansial, pembelian tiket KA, hingga pembayaran booking tiket pesawat.
Kehadiran
Allfamart dan Indomaret yang berdekatan di suatu daerah juga memberi keuntungan
terhadap pelaku UMKM lokal, produsen dalam negeri hingga pemerintah setempat. Mereka
memberikan ruang bagi pedagang kecil untuk berjualan sebagai tenant di teras
tokonya dengan harga sewa yang terjangkau.
BAB V
PENUTUP
KESIMPULAN
Inovasi
yang dilakukan Alfamart adalah meluncurkan tabloid gratis “TabloidKU”,
melakukan bedah warung, menghadirkan gerai Alfamart di atas kapal, digelarnya
program promosi Hadiah Merdeka dan diadakannya Alfamart Class. Sedangkan
inovasi yang dilakukan Indomaret yaitu meluncurkan konsep Indomaret Point,
Indomaret Plus, dan Indomaret Fresh, mencoba mengelola jaringan anjungan tunai
mandiri (ATM) milik sendiri alias private label, mengembangkan layanan berupa
penjualan tiket konser, menjual compact disk (CD) Kla Project, mengembangkan
program pesan antar lewat telepon seluler Blue Berry dan iPad.
Demikianlah makalah ini penulis buat, dalam rangka
mengetahui
inovasi Alfamart dan Indomaret serta Strategi Eksternal dan Internal yang
digunakan. Dalam penulisan
makalah ini penulis merasakan jauh dari kesempurnaan, saran dan masukan dari
pembaca sangat penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya penulis
mengaturkan terima kasih.
DAFTAR
PUSTAKA
Apriyanto.
2013. Tugas 2 , Visi, Misi, Budaya Dan Tag Line PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk –
Alfamart. http://apriyanto-apri.blogspot.co.id/2013/03/tugas-2-visi-misi-budaya-dan-tag-line.html. Diakes :
Minggu, 10 April 2016 pukul 08:51 WIB
Arief.
2015. Alfamart Siap Bedah Warung Tradisional. http://www.media-release.info/alfamart-siap-bedah-warung-tradisional/. Diakses : Minggu,
10 April 2016 pukul 09:05
Ayu
Prasandi. 2013. Indomaret Plus Hadir di Medan. http://medan.tribunnews.com/2013/11/25/indomaret-plus-hadir-di-medan. Diakses :
Senin, 11 April 2016 pukul 19:05
Dea
Chadiza Syafina. 2012. Indomaret akan membuat jaringan ATM milik sendiri. http://industri.kontan.co.id/news/indomaret-akan-membuat-jaringan-atm-milik-sendiri. Diakses :
Senin, 11 April 2016 pukul 19:20
Erwin
Purwindiyanto. 2012. PT. Sumber Alfaria Trijaya. http://erwinpurwindiyanto.blogspot.co.id/2012/12/pt-sumber-alfaria-trijaya-tbk.html. Diakses :
Minggu, 10 April 2016 pukul 09:20
Kabar
Medan. 2016. Luncurkan TabloidKu, Alfamart Raih Rekor MURI . http://kabarmedan.com/luncurkan-tabloidku-alfamart-raih-rekor-muri/. Diakses : Minggu, 10 April 2016 pukul 09:35
Liputan6.
2009. Alfamart Ukir Prestasi dengan
Program Inovatif. http://news.liputan6.com/read/240730/alfamart-ukir-prestasi-dengan-program-inovatif. Diakses :
Minggu, 10 April 2016 pukul 09:55
Ryo
Noor. 2016. Pemko Tomohon Apresiasi Alfamart Class .. http://manado.tribunnews.com/2016/02/27/pemko-tomohon-apresiasi-alfamart-class. Diakses : Minggu,
10 April 2016 pukul 10:05
Tony
Burhanudin. Alfamart dan Indomaret, Perang Bubat di Minimarket. http://www.marketing.co.id/alfamart-dan-indomaret-perang-bubat-di-minimarket/. Diakses :
Senin, 11 April 2016 pukul 19:41
Udith
Iralani. 2010. Visi, Misi dan Tujuan Indomaret. http://iralani89.blogspot.co.id/2010/02/visi-misi-dan-tujuan-indomaret.html. Diakses :
Senin, 11 April 2016 pukul 19:55
Alfamart
hadir di atas kapal Pelni . http://www.infovesta.com/infovesta/news/readnews.jsp?id=e889be87-ea33-4881-995f-bf0fa2cbb4e8. Diakses :
Minggu, 10 April 2016 pukul 10:20
ok everyone. I want to share a website link that I think can be useful for you.
BalasHapushere it is:
1. Codein.my.id
2. Kompres Gambar
3. Anonimside
4. Quotes Generator
5. File Host
6. Downloader Video YouTube or Video from social media
Thank You. Those were some websites that might be useful