Rabu, 21 September 2016

MANAJEMEN STRATEGI



MAKALAH
“ALFAMART vs INDOMARET”

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Seolah dalam sebuah pertandingan, Indomaret dan Alfamart saling menunjukan taringnya untuk merebut hati konsumen. Keberadaan kedua mini market ini yang kerap berdekatan mengindikasi bahwa persaingan antar keduanya memang cukup ketat. Alfamart maupun Indomaret tidak mau sama-sama kalah. Dua mini market tersebut tidak keberatan saling bersaing dalam wilayah yang sama untuk  menunjukan eksistensi masing-masing. Indomaret maupun Alfamart membidik pasar yang lebih luas tentu menjadi strategi marketing yang diluncurkan oleh keduanya, walaupun pasar yang harus mereka jangkau adalah pasar yang sama di wilayah yang sama.
Bisnis retail memang menjanjikan pasar yang tidak ada habisnya. Kebutuhan masyarakat akan makanan, minuman, produk kebersihan dan sebagainya memang tidak akan pernah mengalami penyusutan. Bahkan dari waktu ke waktu kebutuhan tersebut semakin meningkat seiring dengan berubahnya gaya hidup dan juga naiknya pendapatan masyarakat. Hal itulah yang menjadikan Indomaret dan Alfamart tidak tkut bersaing di tempat yang sama, dikarenakan keduanya sama-sama tahu bahwa pasar yang mereka bidik adalah pasar yang sangat besar. Kehabisan konsumen tidak akan pernah menjadi kendala yang mereka tidakuti karena memang hal tersebut tidak akan terjadi. Indomaret sebagai market leader (pemimpin pangsa pasar) dari bisnis mini market ini telah memiliki lebih dari 3000 gerai, disusul oleh Alfamart sebagai kompetitor utama. Walaupun telah menjadi ikon dari keberadaan mini market di Indonesia, keduanya tidak henti  melebarkan sayap kejayaannya. Baik Indomaret maupun Alfamart  memiliki target penambahan gerai yang tidak tanggung-tanggung. Keduanya seakan melakukan marathon dalam pembukaan gerai, tidak peduli walaupun gerai baru harus dibuka berdekatan dengan sang pesaing.
Sekilas Alfamart dan Indomaret terlihat tidak jauh berbeda, apalagi di mata para konsumen. Keduanya seakan saudara yang memiliki banyak kesamaan. Namun ternyata keduanya mengakui bahwa mereka memiliki keunggulan masing-masing. Konsep bisnis yang dibawa berbeda, nilai tambah yang ditawarkan pun berbeda. Ada yang mengusung keunggulan dari segi harga yang lebih murah, kapasitas toko yang lebih luas, pelayanan yang lebih ramah, maupun suasana yang lebih nyaman. Oleh karena itu, penulis akan menganalisis mengenai inovasi, strategi eksternal dan internal Alfamart dan Indomaret dalam makalah yang berjudul “Alfamart vs Indomaret”.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa Visi, Misi, Budaya dan Tag Line Alfamart dan Indomaret?
2.      Apa keuntungan menjadi member Alfamart dan Indomaret?
3.      Apa sajakah kegiatan inovasi Alfamart dan Indomaret?
4.      Bagaimana analisis Five Forces Alfamart dan Indomaret?
5.      Bagaimana analisis SWOT Alfamart dan Indomaret?
6.      Mengapa Alfamart dan Indomaret selalu berdekatan?
C.    TUJUAN
1.      Mengetahui Visi, Misi, Budaya dan Tag Line Alfamart dan Indomaret.
2.      Mengetahui keuntungan menjadi member Alfamart dan Indomaret.
3.      Mengetahui kegiatan inovasi Alfamart dan Indomaret.
4.      Mengetahui analisis Five Forces Alfamart dan Indomaret.
5.      Mengetahui analisis SWOT Alfamart dan Indomaret.
6.      Mengetahui alasan Alfamart dan Indomaret selalu berdekatan.





BAB II
TEORI
ANALISIS FIVE FORCES
Analisis lima kekuatan Porter adalah suatu kerangka kerja untuk analisis industri dan pengembangan strategi bisnis yang dikembangkan oleh Michael Porter. Porter’s Five Forces meliputi :
1.      Rivalry (Persaingan), model pendekatan ini membantu dalam mengetahui seberapa kuat kompetisi yang sedang terjadi diantara pesaing yang sudah ada. Para kompetitor saling memperebutkan market share. Dalam sistem ekonomi tradisional para kompetitor bersaing dalam segi harga, namun seiring berkembangnya teknologi yang sangat cepat memunculkan inovasi-inovasi baru yang menyebabkan persaingan pada saat ini lebih berkembang, yaitu persaingan dalam keunggulan kompetitif (Competitive Advantage).
2.      Barriers to Entry (Hambatan Masuk), persaingan tidak hanya terfokus kepada pesaing-pesaing lama saja, namun pesaing baru pun mampu menjadi kompetitor yang patut untuk di wapasdai. Ancaman bagi pendatang baru perlu diperhatikan karena biasanya datang kedalam dunia industri dengan membawa ide, inovasi dan strategi yang baru. Sulit halnya bagi industri kreatif yang harus selalu membawakan inovasi-inovasi baru yang terdepan bagi produknya agar tidak terlempar dari dunia industri. Namun, pasti setiap perusahaan juga telah memiliki strategi bertahan dan menciptakan hambatan untuk mencegah pesaing baru memasuki pasar demi melindungi tingkat keuntungan perusahaan.
3.      Buyer Power (Kekuatan Pembeli), kekuatan  pembeli memiliki peran dalam menekan harga produsen. Apalagi bila keadaan suatu pasar dipenuhi oleh banyak supplier tetapi pembelinya hanya satu, maka pembeli dapat menentukan harga. Terutama bila pembeli membeli barang dalam jumlah besar, jika seandainya pembeli menyetop pembelian maka perusahaan akan terancam kehilangan pemasukannya. Selain itu kekuatan pembeli juga memberikan pengaruh terhadap peningkatan penawaran serta peningkatan pelayanan dan kualitas diantara para perusahaan yang bersaing memperebutkan pelanggan.
4.      Supplier Power (Kekuatan Supplier), hubungan antara supplier dengan konsumen terjadi ketika supplier menggunakan kekuatan tawar-menawar terhadap pembeli dengan menaikkan harga atau menurunkan kualitas produk/ jasa yang akan dibeli. Kekuatan supplier dapat dikatakan tinggi bila memerlukan switching cost yang besar dalam melakukan penggantian supplier.
5.      Threat of Subtitutes Product (Ancaman Dari Produk/Jasa Pengganti), adanya produk pengganti akan memotong jumlah keuntungan yang didapat perusahaan. Terutama bila munculnya barang pengganti menyebabkan terjadinya perubahan harga di pasaran yang mempengaruhi tingkat permintaan konsumen ke perusahaan. Semakin banyaknya barang pengganti, maka elastisitas harga akan menjadi semakin tinggi. Hal ini juga dapat menjadi batasan bagi perusahaan untuk menaikkan harga barang produksinya.

ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata.
Seperti yang kita tau, analisis SWOT (Strength Weaknesses Opportunities Threats) terbagi menjadi 4 bagian yakni:
1.      Strenght (S), yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang harus di lakukan dalam mengunakan analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan yang dimiliki.
2.      Weaknesses (W), yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran kelemahan dari perusahaan pada saat ini. Weaknesses merupakan cara untuk menganalisis kelemahan yang ada dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi. Yang mana kelemahan tersebut dapat menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
3.      Opportunity (O), yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran peluang yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan gambaran tersebut dapat memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau perusahaan dimasa depan. Opportunity merupakan ananlisis yang digunakan untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang.
4.      Threats (T), yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau oraganisasi dalam menjalankan suatu usaha. Theart merupakan cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi dalam menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Yang mana ancaman tersebut dapat menyebabkan kemunduran suatu perusahaan.




BAB III
ALFAMART dan INDOMARET

A.    ALFAMART
VISI
“Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global”
MISI
1.      Memberikan kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
2.      Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku / etika bisnis yang tertinggi.
3.      Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
4.      Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan , pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.
BUDAYA
1.      Integritas yang tinggi.
2.      Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik.
3.      Kualitas & Produktivitas yang tertinggi.
4.      Kerjasama Team.
5.      Kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang tertinggi
TAG LINE
Belanja Pas, Harga Pas

MEMBER ALFAMART
Member Alfamart dalah sebutan untuk para pelanggan setia Alfamart. Para member Alfamart akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dan kejutan special dari Alfamart seperti: HematKu, Kalender Belanja, Specialku dan Hadiahku, serta program ekslusif lainnya. Member Alfamart adalah pelanggan yang memiliki dan bergabung dalam keanggotaan Kartu AKU, A Card Flazz atau Kartu AKU BNI.
1.      Kartu AKU
Adalah kartu member yang pertama kali diluncurkan Alfamart pada tahun 2005. Dengan Kartu AKU, member akan dapat memperoleh manfaat dan berbagai macam keuntungan serta promo-promo menarik yang tidak dapat diikuti oleh pelanggan lain yang bukan merupakan member Kartu AKU.
2.      Kartu AKU BNI
Merupakan salah satu Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 1 Januari 2010, merupakan kerjasama antara Alfamart dengan Bank BNI. Kartu AKU BNI merupakan kartu multifungsional, yang selain berfungsi sebagai kartu member, juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Pengguna Kartu AKU BNI juga akan mendapatkan berbagai keuntungan dan kejutan spesial dari Alfamart serta tentunya dapat mengikuti program-program eksklusif khusus member di Alfamart.
3.      A Card Flazz
Adalah Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 15 Mei 2010 bekerja sama dengan Flazz BCA, yang selain berfungsi sebagai kartu member juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran/transaksi karena A Card Flazz merupakan Kartu Prepaid (kartu non rekening yang dapat menyimpan uang untuk keperluan berbagai transaksi).
KEUNTUNGAN MENJADI MEMBER ALFAMART
1.      HematKu dan Kalender Belanja
Program ini adalah program khusus Member Alfamart, dimana member akan mendapatkan potongan harga khusus member untuk produk-produk tertentu sesuai dengan periode promosi.  Dengan menunjukkan Kartu Member di kasir saat melakukan pembayaran,  maka otomatis Member akan mendapatkan potongan harga untuk produk-produk tersebut. Untuk info produk HematKu dan Kalender Belanja terdapat di leaflet Alfamart yang terbit setiap dua minggu sekali atau poster yang ada di Alfamart terdekat.
2.      SpesialKu dan HadiahKu
Sesuai dengan namanya, Specialku merupakan produk-produk special yang di hadirkan hanya untuk Member Alfamart. Sedangkan HadiahKu adalah program hadiah langsung atau undian yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart.
3.      Special Big Program For “Member Alfamart”
Program ini adalah program promo khusus member dengan periode yang relatif lebih panjang, minimal 1 bulan,program ini khusus untuk member, mekanisme program bisa berupa Fair (misalnya P&G fair, Kalbe Nutritional fair,dll) ataupun Program tahunan khusus member yang tentunya sudah sangat dikenal “Bukti Kasih Untuk Anda” yang dikenal dengan BKUA.
4.      Redemption For “Member Alfamart”
Program ini merupakan program tahunan untuk Member Alfamart. Dimana Member akan mendapatkan poin setiap berbelanja min. Rp.50.000 pada periode yang sedang berlangsung. Member dapat menukarkan poin-poin tersebut dengan hadiah ekslusif dan menarik pada periode yang telah ditentukan.
5.      “Member Alfamart” Thematic Promo
Promo ini adalah kejutan khusus untuk memperingati hari-hari tertentu (misalnya: Hari Valentine, Hari Pelanggan Nasional, Hari Batik Nasional, dll). Promo ini hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart dengan menunjukkan Kartu Member (Kartu AKU, A Card atau Kartu AKU BNI).
6.      Special Treatment for “Member Alfamart” Birthday
Program ini khusus untuk Member Alfamart yang berulang tahun. Member terpilih akan mendapatkan kejutan dari Alfamart di hari ulang tahunnya, dengan harapan program ini menjadi best moment yang tidak terlupakan untuk Member Alfamart.
7.      Special Event/Activities For “Member Alfamart”
Beauty Class, Arisan Gratis, Cooking Class, Buka Puasa Bersama, Factory Visit adalah beberapa event khusus yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart. Para Member diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan menarik di setiap event tersebut yang tentunya akan menjadi pengalaman berharga bagi Member Alfamart.
8.      Merchant For “Member Alfamart”
Member Alfamart akan mendapatkan potongan harga, penawaran dan promo menarik di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Kartu Member Alfamart di Indonesia.
9.      Listrik dan tagihan motor fif dan finance f
Sytem tehnologi informasi pada computer alfa telah meyediakan pembayaran listrik secara online begitu juga dengan pembayaran motor yang datangnya jatuh tempo. Tentu saja sangat mempermudah dan mempercepat pembayaran bagi konsumen yang tidak ingin membayar tagihan secara jauh –jauh dari lingkunganya.
10.  Voucher game online
Bagi yang suka game online ini merupakan surat kabar yang mengembirakan bahwa kini alfamart telah meyediakan voucher game online yang dapat dimainkan oleh para pesuka game online.
KEGIATAN INOVASI ALFAMART
1.      Demi lebih mendekatkan diri ke konsumen, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) pengelola jaringan Alfamart dan Alfamidi, meluncurkan tabloid gratis “TabloidKU” di sekitar 12.000 toko yang berada di 242 Kota/Kabupaten dan 22 Provinsi. Peluncuran tabloid ini meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori Tabloid nasional gratis dengan oplah terbanyak sebanyak 600.000 eksemplar. Salah satu tujuan utama diterbitkannya TabloidKu adalah membangun emotional bonding antara brand dan konsumen. Dengan kehadiran TabloidKu, diharapkan supplier bisa mengkomunikasikan product knowledge-nya sehingga konsumen bisa tahu kelebihan-kelebihannya. Segmentasi pembaca TabloidKu adalah keluarga dan anak-anak, Ia berharap, kehadiran TabloidKu bisa menjadi sarana komunikasi yang efektif bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Inovasi yang dilakukan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (PT SAT), pemilik jaringan minimarket Alfamart, Alfamidi, serta DAN+DAN ini merupakan wujud implementasi salah satu visi perusahaan yakni memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Kehadiran TabloidKu diharapkan mampu menumbuhkan bisnis industri ritel, media dan para produsen untuk saling memajukan atau grow together.
2.      PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk pengelola Alfamart siap melakukan bedah warung (ritel tradisional) di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Branch Manager Alfamart Manado mengatakan, sebagai wujud nyata Alfamart ingin tumbuh bersama usaha kecil di Sulut, kami akan melakukan bedah warung yang sudah menjalin kerja sama dengan Alfamart. Selain memberikan pelatihan manajemen ritel terhadap pedagang ritel tradisional, juga akan membantu renovasi warung melalui program outlet binaan Alfamart (OBA). Program ini, merupakan dana CSR Alfamart yang diberikan secara hibah kepada warung-warung yang sudah loyal dengan kami minimal satu tahun. Melalui OBA Alfamart akan menyulap toko kelontong menjadi semacam minimarket, baik dari sisi tampilan maupun penataan barang. Hal ini dilakukan, agar pembeli menjadi lebih nyaman ketika berbelanja di warung-warung.
3.      Hadirnya gerai Alfamart di atas kapal menunjukkan kepercayaan swasta atas pembenahan layanan yang tengah dilakukan perusahaan pelayaran di Indonesia ini. Saat ini, Alfamart telah hadir di KM Sinabung yang melayari rute Tanjung Priok- Surabaya, Makassar, Bau-Bau, dan Ambon. Untuk Alfamart sendiri, rencananya akan menambah jumlah gerainya di kapal-kapal Pelni yang lain.
4.      Untuk pertama kalinya, Alfamart berhasil meraih penghargaan pada ajang Indonesia`s Most Admired Companies 2009 (IMAC). IMAC sendiri adalah ajang penghargaan yang diselenggarakan atas kerja sama Business Week Indonesia dengan Frontier Consulting Group. Berkat pelayanan yang prima, program-program yang inovatif, serta didukung sumber daya manusia yang berkualitas, Alfamart berhasil mengantongi predikat sebagai The Company with The Best Corporate Image. Selain itu, Alfamart juga dianggap sebagai perusahaan yang berpeluang tumbuh dengan manajemen yang baik, serta mempunyai tanggung jawab sosial yang tinggi melalui program-programnya. Dalam penghargaan IMAC 2009 ini, Alfamart masuk dalam kategori baru, yaitu katagori minimarket. Para responden menilai Alfamart sangat ekspansif dalam mengembangkan cabang-cabangnya. Selain prestasi ini, Alfamart juga telah meraih sederet penghargaan bergengsi lainnya, seperti Marketing Award 2008, Superbrands Indonesia 2008 dan 2009, Top Brand Award 2008 dan 2009, Best Brand 2008 dan 2009, serta Recommended Brand 2009. Sukses Alfamart adalah pada program-programnya yang inovatif, seperti digelarnya program promosi Hadiah Merdeka yang bertema "Pilih Hadiah yang Kamu Suka". Selain itu juga dengan menawarkan nilai tambah yang semakin besar bagi konsumen yang berbelanja dengan nominal rupiah yang semakin banyak.
5.      Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) meresmikan Business Centre Alfamart atau Alfamart Class di SMK Kristen 2 Tomohon. Hal ini selaras dengan visi misi pemerintah Kota Tomohon yakni mewujudkan masyarakat yang religius, demokratis dan madani maka pemerintah kota tomohon senantiasa terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan di berbagai sektor. Satu di antaranya yakni meningkatkan kualitas pendidikan dan bersinergi dengan pihak swasta ataupun stakeholder dalam upaya bersama menciptakan lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat kota tomohon. Ke depan masyarakat kota tomhon memiliki daya saing yang tinggi dan mumpuni dalam menghadapi tantangan global masyarakat ekonomi ASEAN. SAS mengungkapkan, pemerintah menyambut baik program Alfamart Class ini dengan harapan tentunya akan mampu mencetak lulusan-lulusan SMK yang memiliki ketrampilan yang berkualitas dan berdaya saing yang tinggi.

B.     INDOMARET
VISI
“Terwujudnya Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat Untuk Mencapai Indonesia Sejahtera, Maju, dan Mandiri 2020”
MISI
"Mewujudkan Koordinasi Perencanaan dan Penyusunan Kebijakan, serta Sinkronisasi Pelaksanaan Kebijakan, Pengendalian Penyelenggaraan dan Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Penanggulangan Kemiskinan"
BUDAYA
Budaya yang diterapkan dalam tubuh perusahaan Indomaret adalah dalam bekerja kami menjunjung tinggi nilai-nilai:
a.       Kejujuran, kebenaran dan keadilan
b.      Kerja sama tim
c.       Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis
d.      Kepuasan pelanggan
TAG LINE
Mudah dan Hemat
MEMBER INDOMARET
Member Indomaret dalah sebutan untuk para pelanggan setia Indomaret. Para member Indomaret akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dengan adanya Indomaret Card. Indomaret Card adalah salah satu bagian atau aset  dari Bank Mandiri sejenis uang elektronik (E-money), tentunya denga logo "mandiri" yang tertera di kartu indomaret ini. Indomaret card sama halnya seperti Flazz, Brizz
 ataupun uang elektronik lainnya. Indomaret card selain berbelanja di indomaret juga bisa berbelanja di AlfaMart juga looh, tentunya yang memiliki fasilitas "mandiri prabayar" dan juga untuk membayar Toll, smart parking, Busway, kereta api dll yang berlogo "e-money".
KEUNTUNGAN MENJADI MEMBER INDOMARET
Dengan menjadi member Indomaret dan memiliki Indomaret card, kkonsumen akan mendapat beberapa keuntungan, yaitu:
1.      Tidak ribet membawa uang banyak ketika belanja.
2.      Mendapat diskon khusus pengguna indomaret card.
3.      Kesempatan meraih hadiah dari program poin indomaret card, karena setiap belanja menggunakan indomaret card akan mendapatkan poin reward.
4.      Bagi nasabah bank mandiri otomatis mendaptkan fiestapoin setiap isi ulang di ATM bank mandiri.
KEGIATAN INOVASI INDOMARET
1.      Sebagai pelopor minimarket di Indonesia, Indomaret tentu punya strategi sendiri dalam menghadapi peritel asing. Kalau Indomaret selama ini fokus pada KEBUTUHAN HIDUP masyarakat, strategi kali ini harus menyasar GAYA HIDUP. Dengan struktur umbrella brand, Indomaret meluncurkan konsep Indomaret Point. Indomaret Point memiliki identitas logo yang hampir serupa dengan Indomaret namun dengan penekanan nama “Point”. Indomaret Point punya ciri khas yang berbeda dengan konsep minimarket Indomaret  karena menyediakan sitting area dan berbagai makanan / minuman cepat saji. Dari produk makanan dan minuman siap saji di Indomaret Point, semua menunya punya cita rasa yang sudah disesuaikan dengan kegemaran lidah lokal. Komposisi produk yang dijual juga tidak  didominasi oleh merek – merek asing. Yang paling penting buat kacamata konsumen, Indomaret Point juga selalu punya berbagai promosi menarik untuk konsumennya. Indomaret Point memberikan extra services bagi pelanggannya dengan free wifi serta tempat charge handphone di sitting area. Salah satu aktivitas promosi yang menarik di Indomaret Point adalah lokasi Indomaret Point  seringkali dipakai untuk promosi launching album bagi para musisi yang bekerja dengan Indomaret dalam penjualan CD mereka.
2.      PT Indomarco Prismatama, pemilik merek minimarket Indomaret, melirik peluang bisnis baru, yaitu pengelolaan jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) milik sendiri alias private label. Direktur Pemasaran Indomaret menjelaskan, rencana pengadaan ATM private label itu untuk mengakomodir kepentingan pelanggannya yang memiliki kartu ATM dari perbankan yang berbeda-beda.
3.      Indomaret sukses mengembangkan layanan berupa penjualan tiket konser, seperti tiket konser musik Javajazz juga konser Kenny G. Selain itu, Indomaret juga berencana menjual produk jasa, selain tetap melayani penjualan produk ritel fisik. Indomaret juga menjalin kerjasama dengan produser rekaman untuk menjual compact disk (CD) Kla Project, secara eksklusif di Indomaret. Tak cukup sampai disitu, Indomaret sedang mencoba mengembangkan program pesan antar lewat telepon seluler Blue Berry dan iPad. Indomaret mengembangkan program penjualan produk tanpa stok di toko. Walaupun stok tidak tersedia di toko tapi konsumen bisa memesannya.
4.      Indomaret Plus dihadirkan sebagai bentuk inovasi Indomaret sebagai minimarket jaringan nasional dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat didunia retail. Indomaret Plus merupakan salah satu bentuk inovasi yang telah diluncurkan. Indomaret Plus memiliki kelebihan dibandingkan minimarket Indomaret lainnya. Selain menjual produk-produk kebutuhan yang biasa dijual di Indomaret regular, Indomaret Plus juga dilengkapi dengan kebutuhan rumah tangga seperti sayur-sayuran, buah-buahan segar,nugget dan daging dengan harga yang kompetitif. Sesuai kebutuhannya Indomaret Plus ini menargetkan ibu rumah tangga dan anak kost. Konsep Indomaret Plus ini lebih ditujukan untuk memudahkan memenuhi kebutuhan rumah tangga, dan anak kost yang ingin masak tapi ingin simple packing untuk sekali makan, bisa datang ke Indomaret.
5.      Indomaret mengembangkan gerai Indomaret Fresh. Indomaret Fresh lebih luas dari Indomaret reguler. Gerai yang ditempatkan di kawasan-kawasan elite ini menjual produk-produk fresh seperti sayur, daging, dan buah.


















BAB IV
ANALISIS
PORTER’S FIVE FORCES ALFAMART
1.      Rivalry (Persaingan)
Alfamart boleh dikatakan mampu dalam mengalahkan pesaing-pesaing lamanya yang telah lebih dahulu memasuki dunia bisnis ini (seperti Indomaret). Selain itu, pesaing utama Alfamart adalah minimarket Indomaret, karena secara kasat mata persaingan antara kedua minimarket ini terlihat dari letak toko yang sering bersebelahan atau berdekatan jaraknya. Alfamart berusaha menjual produknya dengan harga yang lebih murah dan dengan kualitas yang sama baiknya atau bahkan lebih, karena jenis produk yang dipasarkan sama. Inovasi yang diciptakan oleh Alfamart adalah dengan membuat program member bagi pelanggan setianya. Dengan program member ini pelanggan akan diberikan kartu anggota/member card yang akan digunakan pada saat pelanggan akan melakukan pembayaran. Pelanggan hanya perlu memberikan kartu membernya kepada kasir, lalu kasir akan mencatat ID kartu member dan secara otomatis pelanggan tersebut akan mendapatkan potongan/ diskon dalam pembayarannya tersebut. Setiap penggunaan kartu member pelanggan juga mendapatkan poin-poin yang akan tercatat dalam kartu member. Poin-poin tersebut berguna untuk mendapatkan berbagai undian-undian berhadiah.
2.      Barriers To Entry (Hambatan masuk)
Hambatan masuk yang berusaha diciptakan oleh Alfamart adalah dengan memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggannya, tempat yang nyaman dan bersih untuk berbelanja, dan harga barang yang murah. Namun selain itu, Alfamart juga berusaha untuk membuka cabang di banyak tempat agar mudah ditemukan oleh pembeli.
3.      Buyer Power (Kekuatan Pembeli)
Kekuatan pembeli besar terjadi pada kasus ini, karena jumlah pelanggannya yang besar. Oleh sebab itu Alfamart tidak dapat memonopoli harga jual produknya. Karena Alfamart dapat kehilangan pelanggannya jika pelanggannya berpindah kelain hati hanya karena perubahan harga yang tidak sesuai/ pas dengan kemampuan pelanggannya. Apalagi target utama pasarnya ditujukkan untuk rumah tangga ekonomi rendah sampai ke ekonomi menengah.
4.      Supplier Power (Kekuatan Pemasok)
Kekuatan supplier disini tidak terlalu besar dikarenakan jenis barang yang dijual adalah barang kebuthan sehari-hari. Barang-barang ini memang telah memiliki harga pasaran yang tidak mahal, serta jumlah suppliernya banyak. Tidak membutuhkan biaya yang bisar jika perusahaan ingin berpindah ke supplier yang lainnya.
5.      Threat of Subtitutes Product (Ancaman Dari Produk/Jasa Pengganti)
Akhir-akhir ini banyak bermunculan pesaing-pesaing baru dalam ranah bisnis minimarket. Para pendatang tersebut memasuki industri ini dengan membawa inovasi baru, yaitu minimarket yang beroperasi selama 24 jam dan memberikan fasilitas-fasilitas tambahan yang membuat pelanggan lebih nyaman. Dengan konsep minimarket yang sekaligus menjadi tempat untuk “nongkrong” sedang digandrungi pada saat ini.
PORTER’S FIVE FORCES INDOMARET
1.      Persaingan antar perusahaan sejenis
Indomaret sampai saat ini masi terus – menerus membangun tokonya dengan tujuan mereka membangun toko mereka dimana – mana adalah menghalangi pesaing untuk masuk dan bertahan. Jika pesaing mereka membangun di tempat A maka Indomaret juga akan membangun di tempat A. Mereka sangat berani untuk menyewa atau membeli tempat yang tergolong kecil hanya untuk menanamkan ke pikiran konsumen kalau indomaret lah satu – satunya toko untuk membeli kebutuhan pangan mereka dan toko lain hanya sebagai alternatif.


2.      Ancaman pendatang baru
Beberapa tahun ini perusahaan ritel seperti Indomaret sudah beberapa yang masuk ke Indonesia dan langsung menjadi ancaman yang serius bagi Indomaret. Para pendatang baru ini menggunakan konsep semi-cafe dimana para konsumen bisa bersantai terlebih dahulu sesudah membeli barang dan mesin pembuat coffe sebagai pilihan untuk menemani mereka bersantai.
3.      Ancaman produk substitusi
Ancaman produk subtitusi Indomart yang paling berbahaya adalah carefour, Indomart hanya menjual produk kebutuhan sembako, bahan rumah tangga yang paling penting saja sedangkan carefour menjual hampir semua kebutuhan sembako, sehari – hari dan rumah tangga sampe ke detilnya, tetapi kelemahan mereka adalah carefour tidak dimana – mana.
4.      Kekuatan tawar-menawar pembeli
Indomaret sudah menguasai kekuatan tawar-menawar pembeli karena harga produk atau jasa seperti pulsa handphone sudah sangat berada dalam garis standar pasar walaupun sedikit lebih mahal tapi mereka menawarkan tempat yang sejuk dan aman untuk berbelanja, selain itu harga nett yang menjadi kekuatan mereka, customer hanya mempunyai pilihan beli atau tidak, tawar-menawar barang sudah tidak ada seperti pasar tradisional.
5.      Kekuatan tawar-menawar pemasok
Karena Indomaret mempunyai pemasok yang banyak dengan berbagai macam produk, Indomaret mempunyai keuntungan untuk tawar-menawar apalagi dalam pembelian produk dalam skala yang besar.

Analisis SWOT ALFAMART
1.      Strength
·         Sudah memiliki berbagai cabang di seluruh Indonesia,sehingga mudah untuk dijangkau oleh konsumen.
·         Sejumlah gerai alfamart yang terletak di wilayah komersial buka selama 24 jam.
·         Memberikan ketersediaan lapangan kerja bagi siswa-siswa lulusan SMA atau SMK.
·         Harga produk-produknya yang relative murah untuk dijangkau oleh konsumen.
·         Adanya kartu anggota pelanggan Alfamart yang diluncurkan sejak tahun 2005 yaitu Kartu AKU. Dengan menggunakan Kartu AKU pelanggan dapat menikmati bonus maupun diskon khusus.
·         Terdapat security asset (CCTV)
2.      Weakness
·         Produk-produk yang dijual kurang lengkap dan hanya tersedia kebutuhan-kebutuhan pokok.
·         Kurang mengikuti trend, tidak memiliki tempat nongkrong seperti mini market dan convenience store lain (Indomart, 711, Circle K, Lawson, dsb).
·         Ruang yang relative sempit dan kurang nyaman.
·         Tidak tersedia toilet di sejumlah gerai Alfamart.
3.      Opportunities
·         Kebutuhan sehari-hari dan perilaku masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif sehingga memungkinkan mereka untuk menjunjungi gerai alfamart dalam kurun waktu berdekatan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.
·         Adanya situs resmi belanja online bagi pelanggan alfamart untuk memudahkan mereka belanja kebutuhan secara online tanpa perlu repot mengunjungigeraialfamart.
·         Banyaknya event-event social yang diselenggarakan oleh alfamart sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan social.
·         Alfamart menyediakan jasa untuk pemesanan tiket kereta atau pesawat tanpa harus mengantri di stasiun / bandara.
4.      Threat
·         Banyaknya pesaing-pesaing yang memiliki toko atau mini market berdekatan (dengan jarak radius 100 m).
·         Ancaman Perda mengenai kemajuan UKM Tradisional.
·         Karena banyaknya pesaing, akan sulit untuk membangun brand image dibenak konsumen. Harus terus melakukan pengembangan dan inovasi agar terus mengikuti trend.
Analisis SWOT INDOMARET
1.      Strength
·         Citra publik terhadap Indomaret
·         Lokasi terdapat di pinggir jalan tempat strategis
·         Produk yang dijual variatif dan cenderung lebih lengkap daripada pesaing
·         Investasi franchise indomaret yang ditawarkan sangat kompetitif
·         Indomaret mampu menjual barang eceran dengan harga lebih murah
·         Memiliki fasilitas pembayaran yang dihubungkan dengan lembaga keuangan (Bank)
·         Seringkali terdapat potongan harga atau diskon bila membeli dengan nominal tertentu atau membayar menggunnakan Indomaret Card
·         Terdapat security asset (CCTV)
2.      Weakness
·         Pelayanan yang seringkali kurang memuaskan
·         Parkir yang kurang aman dan dipungut biaya parkir
·         Indomaret kurang dikenal oleh masyarakat desa
·         Franchise fee relatif tinggi
·         Penataan store display yang monoton
3.      Opportunities
·         Ekspansi ke daerah-daerah potensial
·         Perlunya promosi untuk memperkenalkan Indomaret secara lebih intens
·         Dengan adanya perdagangan bebas, peluang franchise lebih besar
·         Peningkatan fasilitas tambahan
·         Pertumbuhan pasar waralaba cukup menjanjikan
·         Perluasan jaringan
·         Minat masyarakat tinggi terhadap retail
·         Perubahan mindset masyarakat dari pemikiran tradisional menjadi modern
4.      Threat
·         Terdapat outlet lain yang menjadi rival
·         Terdapat franchisor baru yang masuk ke pasar yang sama dengan Indomaret
·         Selera pasar yang berfluktuasi dan mudah berubah terhadap pembelian
·         Banyak daerah potensial yang belum bisa dimasuki
·         Adanya tindakan peniruan terhadap keunikan Indomaret

Berdasarkan  diatas,  maka  saran  yang  dapat disimpulkan  kepada Alfamart dan Indomaret adalah :
1.      Mempertahankan     citra     dan     kualitas     produk     dengan     melakukan  pengontrolan secara periodik terhadap produk  yang dihasilkan. Agar dapat bertahan  di  pasar  serta  mampu  menghadapi  pesaing,  baik  pesaing  yang sudah ada maupun pesaing baru masuk.
2.      Meningkatkan inovasi  produk  melalui  riset  dan  pengembangan  produk yang  selama  ini  menjadi  kelemahan  perusahaan  dengan  didukung  dengan teknologi mesin yang lebih canggih.
3.      Secara   berkala   berupaya   untuk   terus   meningkatkan   kegiatan   promosi melalui  kegiatan  seperti  kupon,  program-program  pelanggan  setia,  hadiah, souvenir, dan event-event khusus.
4.      Dengan strategi-strategi perusahaan masing-masing harus  mampu  mengembangkan  ritel  ini  hingga ke pelosok-pelosok strategis, yang memiliki konsumen potensial.
5.      Melakukan  strategi  perbaikan  harga,  dengan  menawarkan  produk-produk dengan   harga   yang   bervariasi,   atau   mencari   pemasok   yang   dapat diandalkan  yang mampu  menekan  harga  produksi,  sehingga  harga  produk yang ditawarkan tidak terasa mahal dibandingkan dengan ritel pesaing.
Alasan mengapa ALFAMART dan INDOMARET selalu berdekatan?
“Mengapa ALFAMART dan INDOMARET selalu berdekatan?”, pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak konsumen. Hal ini di karena lokasi. Dalam menentukan lokasi, perusahaan menerapkan konsep model pasar persaingan sempurna (PPS) dalam prinsip ekonomi. Model PPS ini didefinisikan sebagai bentuk pasar paling ideal, di mana salah satu ciri dalam satu pasar terdapat lebih dari satu pengusaha dengan barang atau jasa yang ditawarkan bersifat homogen.
Selain menerapkan prinsip PPS, lokasi yang berdekatan ini bagi pengusaha bisa menghemat biaya riset maupun studi kelayakan ketika akan membuka toko di lokasi baru. Apabila di suatu lokasi sudah berdiri Alfamart atau Indomaret bisa dipastikan di lokasi tersebut memiliki potensi pasar yang bagus dan lolos uji kelayakan bisnis. Artinya, jika sebuah perusahaan ingin menambah toko di lokasi tersebut maka mereka tidak perlu melakukan riset serupa.Dalam menentukan kelayakan suatu lokasi untuk minimarket tentu mempertimbangkan beberapa hal, antara lain kepadatan penduduk / jumlah kepala keluarga (KK) di wilayah tersebut, kepadatan lalu lintas yang dilalui di sekitar minimarket, target segmen yang tepat dan lingkungan sosial yang mendukung.
Kedekatan ini secara tidak langsung juga memberi kemudahan masyarakat dalam memilih atau membandingkan harga, produk, kualitas serta jasa yang ditawarkan. Akhirnya, bisnis minimarket bisa bersaing secara fair dalam memuaskan konsumen dan memberikan harga yang wajar. Ada beberapa keuntungan dengan semakin banyaknya minimarket hadir di sebuah daerah. Masyarakat bisa terbantu dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari. Tak hanya itu, tenaga kerja lokal juga akan banyak diserap.
Lebih dari itu, antara Alfamart dan Indomaret juga menyediakan kemudahan fasilitas pembayaran seperti tagihan listrik, air, telepon, TV kabel, pajak, kredit finansial, pembelian tiket KA, hingga pembayaran booking tiket pesawat.
Kehadiran Allfamart dan Indomaret yang berdekatan di suatu daerah juga memberi keuntungan terhadap pelaku UMKM lokal, produsen dalam negeri hingga pemerintah setempat. Mereka memberikan ruang bagi pedagang kecil untuk berjualan sebagai tenant di teras tokonya dengan harga sewa yang terjangkau.
















BAB V
PENUTUP
KESIMPULAN
Inovasi yang dilakukan Alfamart adalah meluncurkan tabloid gratis “TabloidKU”, melakukan bedah warung, menghadirkan gerai Alfamart di atas kapal, digelarnya program promosi Hadiah Merdeka dan diadakannya Alfamart Class. Sedangkan inovasi yang dilakukan Indomaret yaitu meluncurkan konsep Indomaret Point, Indomaret Plus, dan Indomaret Fresh, mencoba mengelola jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) milik sendiri alias private label, mengembangkan layanan berupa penjualan tiket konser, menjual compact disk (CD) Kla Project, mengembangkan program pesan antar lewat telepon seluler Blue Berry dan iPad.
Demikianlah makalah ini penulis buat, dalam rangka mengetahui inovasi Alfamart dan Indomaret serta Strategi Eksternal dan Internal yang digunakan. Dalam penulisan makalah ini penulis merasakan jauh dari kesempurnaan, saran dan masukan dari pembaca sangat penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya penulis mengaturkan terima kasih.








DAFTAR PUSTAKA
Apriyanto. 2013. Tugas 2 , Visi, Misi, Budaya Dan Tag Line PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk – Alfamart. http://apriyanto-apri.blogspot.co.id/2013/03/tugas-2-visi-misi-budaya-dan-tag-line.html. Diakes : Minggu, 10 April 2016 pukul 08:51 WIB
Arief. 2015. Alfamart Siap Bedah Warung Tradisional. http://www.media-release.info/alfamart-siap-bedah-warung-tradisional/. Diakses : Minggu, 10 April 2016 pukul 09:05
Ayu Prasandi. 2013. Indomaret Plus Hadir di Medan. http://medan.tribunnews.com/2013/11/25/indomaret-plus-hadir-di-medan. Diakses : Senin, 11 April 2016 pukul 19:05
Dea Chadiza Syafina. 2012. Indomaret akan membuat jaringan ATM milik sendiri. http://industri.kontan.co.id/news/indomaret-akan-membuat-jaringan-atm-milik-sendiri. Diakses : Senin, 11 April 2016 pukul 19:20
Erwin Purwindiyanto. 2012. PT. Sumber Alfaria Trijaya. http://erwinpurwindiyanto.blogspot.co.id/2012/12/pt-sumber-alfaria-trijaya-tbk.html. Diakses : Minggu, 10 April 2016 pukul 09:20
Kabar Medan. 2016. Luncurkan TabloidKu, Alfamart Raih Rekor MURI . http://kabarmedan.com/luncurkan-tabloidku-alfamart-raih-rekor-muri/. Diakses :  Minggu, 10 April 2016 pukul 09:35
Liputan6. 2009.  Alfamart Ukir Prestasi dengan Program Inovatif. http://news.liputan6.com/read/240730/alfamart-ukir-prestasi-dengan-program-inovatif. Diakses : Minggu, 10 April 2016 pukul 09:55
Ryo Noor. 2016. Pemko Tomohon Apresiasi Alfamart Class .. http://manado.tribunnews.com/2016/02/27/pemko-tomohon-apresiasi-alfamart-class. Diakses : Minggu, 10 April 2016 pukul 10:05
Tony Burhanudin. Alfamart dan Indomaret, Perang Bubat di Minimarket. http://www.marketing.co.id/alfamart-dan-indomaret-perang-bubat-di-minimarket/. Diakses : Senin, 11 April 2016 pukul 19:41
Udith Iralani. 2010. Visi, Misi dan Tujuan Indomaret. http://iralani89.blogspot.co.id/2010/02/visi-misi-dan-tujuan-indomaret.html. Diakses : Senin, 11 April 2016 pukul 19:55
Alfamart hadir di atas kapal Pelni . http://www.infovesta.com/infovesta/news/readnews.jsp?id=e889be87-ea33-4881-995f-bf0fa2cbb4e8. Diakses : Minggu, 10 April 2016 pukul 10:20

1 komentar:

  1. ok everyone. I want to share a website link that I think can be useful for you.

    here it is:
    1. Codein.my.id
    2. Kompres Gambar
    3. Anonimside
    4. Quotes Generator
    5. File Host
    6. Downloader Video YouTube or Video from social media

    Thank You. Those were some websites that might be useful

    BalasHapus